Selasa, 17 Juli 2012

Kegiatan Songsong Ramadhan 1433 H/2012 M


     Masjid Al-Muttaqin merupakan salah satu masjid di Desa Potorono Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul yang menempati posisi strategis. Masjid ini berada di pinggir jalan Potorono sebagai jalur alternatif dari jalan raya Yogya-Wonosari menuju Kecamatan Pleret. Lalu lintas masyarakat dari wilayah Yogyakarta bagian timur (Kalasan, Prambanan, Piyungan) menuju wilayah Yogyakarta bagian selatan (Pleret, Imogiri, dan Kota Bantul) seringkali melalui jalan Potorono ini.
        Kiprah Masjid Al-Muttaqin dalam mengembangkan bidang keagamaan dan sosial di Dusun Salakan Potorono menjadi tugas dan peran yang tidak bisa ditinggalkan. Selama beberapa periode kepengurusan takmir Masjid Al-Muttaqin menunjukkan peran dan tugas yang cukup optimal. Kegiatan-kegiatan masjid yang ditangani tidak hanya berkutat pada kegiatan ibadah dan keagamaan, seperti sholat lima waktu, pengajian umum rutin, kajian kitab, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), dan tadarus, namun melebarkan sayap pada kegiatan-kegiatan lain bidang pembinaan umat, seperti pelatihan perawatan jenazah, pelatihan khotib, kegiatan pembinaan remaja dan olah raga, serta bidang peningkatan ekonomi berbasis masyarakat.
          Dalam rangka menyongsong dan mengisi kegiatan di bulan Ramadhan 1433 H/2012 M ini, maka Masjid Al-Muttaqin mempersiapkan diri guna menyemarakkan bulan suci ini. Beberapa agenda kegiatan rutin seperti ceramah keagamaan (kultum) setiap menjelang buka bersama, setelah selesai sholat tarawih dan sholat subuh tetap dilaksanakan sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya. Guna lebih menyemarakkan kembali gaung bulan suci Ramadhan tahun 1433 H/2012 M ini, diisi juga dengan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat bagi sosial ekonomi warga sekitarnya. Kegiatan dalam rangka menyongsong dan mengisi bulan Ramadhan 1433 H/2012 M ini dinamakan “RAMADHAN BERSAMA AL-MUTTAQIN”.
          Adapun kegiatan ini dimulai pada hari Jum'at, 13 Juli 2012 dan berakhir pada hari Ahad, 15 Juli 2012 dengan agenda sebagai berikut.
a. Pembukaan (Jum'at, 13 Juli 2012, jam 13.00 WIB)
Pak M. Dalhar, Kepala Desa Potorono sedang menyerahkan paket sembako murah
Acara dibuka oleh Kepala Desa Potorono, Bapak M. Dalhar yang secara simbolis menyerahkan paket sembako murah kepada salh seorang warga (Mbah Ingram) dan dengan pemotongan pita dan pelepasan burung merpati.


Pak Lurah sedang membuka acara "Songsong Ramadhan 2012 Bersama Al-Muttaqin"
b. Bazar (Jum'at-Ahad, 13-15 Juli 2012)
Bazar ini dimeriahkan oleh 20 stand dari warga yang menjual pakaian, makanan, alat tulis, alat elektronika, dan keperluan rumah tangga.
c. Penjualan Sembako Murah
Penjualan sembako murah dilakukan dengan sistem pembagian kupon kepada warga Salakan, Mayungan, Botokan, Kempul, Condrowangsan, dan Mertosanan. Paket sembako yang berisi beras, mie instan, dan gula itu diberikan kepada 215 warga pada hari Sabtu, 14 Juli 2012 mulai jam 10 (150 paket) dan hari Ahad, 14 Juli 2012 mulai jam 10 (65 paket).
d. Penjualan Barang Pantas Pakai
Acara penjualan barang pantas pakai ini dilakukan mulai hari Jum'at-Ahad, 13-15 Juli 2012 dengan berbagai macam barang, seperti pakaian dewasa, pakaian anak, sepatu, tas, alat-alat rumah tangga, dan lain-lain. Dengan rata-rata harga Rp.5.000-Rp.10.000 terjual ratusan barang pantas pakai yang berasal dari warga.
e. Donor Darah
Bekerjasama dengan PMI Cabang Kota Yogyakarta, Panitia Ramadhan 1433/2012 menyelenggarakan donor darah yang diikuti oleh 21 orang. Acara ini dilaksanakan mulai jam 9 pagi sampai sholat dhuhur, Ahad 15 Juli 2012. Tercatat 35 orang warga mendaftar, tetapi karena suatu hal hanya diambil dari 21 orang warga (koyo aku ora lolos jalaran sewengi  ora turu... hehehehe).
Pak Muchlison, Ketua Takmir, sedang diambil darahnya kie...
f. Pengajian Ahad Pagi
Sebenarnya pengajian Ahad Pagi adalah agenda rutin Takmir Masjid Al-Muttaqin setelah selesai Sholat Shubuh. Namun karena bersamaan dengan adanya kegiatan songong Ramadhan ini, maka pelaksanaannya dimulai jam 05.30 WIB. Pembicaranya yang biasanya dari warga Salakan sendiri, kali ini mengundang H. Sutrisno dari Madukismo.
g. Konser Sholawat Grup "Nida'ul Khoir"
Sehubungan dengan adanya musibah dari personil Nida'ul Khoir, maka pelaksanaan konser ini batal. Rencananya konser ini akan dilakukan pada hari Ahad sore, 15 Juli 2012. Walau demikian, lantunan sholawat kepada Rasulullah saw tetap dilakukan yaitu pada hari Jum'at, 13 Juli 2012 setelah sholat Isya (malam Sabtu) dengan dilakukannya pembacaan Sholawat adz-Dziba'i (Dzibaan) sebagai kegiatan rutin Grup Sholawat Nida'ul Khoir di Masjid Al-Muttaqin.
h. Lomba Anak-anak
Lomba anak-anak diselenggarakan pada hari Ahad, 13 Juli 2012 jam 8.00-11.00 dengan diikuti oleh 50-an anak. Mata lomba yang dibuka adalah mewarnai (bagi anak-anak seusia PAUD dan SD kelas I-IV) serta menggambar Islami (bagi anak usia SD kelas V-VI).
Pak Sulistyono sedang menerangkan aturan lomba kepada peserta

Para juara
i. Sponsorship, Doorprize, dan Grandprize
Acara ini dapat terselenggara dengan dukungan banyak pihak, antara lain para donatur dan sponsor. Puluhan donatur dan sponsor memberikan sumbangan baik dana maupun barang. Tercatat 32 sponsor perusahaan mendukung acara ini. Panitia juga menerima donatur dari warga berupa dana cash dan barang (beras, mie instan, buku, televisi, kaos, gula, dll).
Guna memeriahkan acara ini, panitia menyediakan puluhan doorprize berupa kaos, buku, alat elektronik, sepatu, dan lain-lain. Setiap pembelian Rp.5.000 dan kelipatannya, pembeli di bazar akan diberikan kupon doorprize yang diundi setiap waktu tertentu oleh penyiar acara ini (Pak Saryanto dan Pak Budiyono).
Para penyiar sedang koar-koar

Salah seorang warga menerima doorprize buku tulis
Pada acara penutupan (Ahad, 15 Juli 2012, jam 16.00) dilakukan pengundian grandprize berupa TV Warna 14" dan sebagai penerimanya adalah Mbak Sulis...
Oke deh... selamat buat semua panitia!!!!! (behaje-sekum)
Pak Suyamto (Bendahara) menyerahkan grandprize kepada sedulure Mbak Sulis...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar